Selasa, 08 September 2020

HSI - S5 - Beriman Kepada Hari Akhir Bagian 3 (Halaqah 67) - Al Qantharah Dan Qishash Di Antara Orang-Orang Yang Beriman

Selasa, 8 September 2020

Halaqah Silsilah Ilmiah (HSI)


Beriman Kepada Hari Akhir Bagian 3 (Halaqah 67)
Al Qantharah Dan Qishash Di Antara Orang-Orang Yang Beriman


Halaqah yang ke-67 dari Silsilah Ilmiyyah Beriman Kepada Hari Akhir adalah tentang Al-Qantharah Dan Qishash Di Antara Orang-Orang Yang Beriman.

Al-Qantharah secara bahasa adalah jembatan.
Adapun secara syariat yang dimaksud dengan Al-Qantharah adalah jembatan lain setelah sirath yang terletak antara neraka dan surga, tempat berkumpulnya orang-orang yang beriman setelah melewati neraka sebelum masuk ke dalam surga.

Termasuk beriman kepada hari akhir adalah beriman dengan adanya Al-Qantharah ini. Tempat akan dibersihkan hati-hati orang yang beriman dengan di Qishash di antara mereka. Dan ini menunjukkan keadilan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Rasululloh Sholallohu Alaihi Wasallam bersabda:

خْلُصُ الْمُؤْمِنُونَ مِنَ النَّارِ فَيُحْبَسُونَ عَلَى قَنْطَرَةٍ بَيْنَ الْجَنَّةِ وَالنَّارِ فَيُقَصُّ لِبَعْضِهِمْ مِنْ بَعْضٍ مَظَالِمُ كَانَتْ بَيْنَهُمْ فِي الدُّنْيَا حَتَّى إِذَا هُذِّبُوا وَنُقُّوا أُذِنَ لَهُمْ فِي دُخُولِ الْجَنَّةِ، فَوَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ، لَأَحَدُهُمْ أَهْدَى بِمَنْزِلِهِ فِي الْجَنَّةِ مِنْهُ بِمَنْزِلِهِ كَانَ فِي الدُّنْيَا

Orang-orang yang beriman yang selamat dari neraka, mereka akan ditahan di Al-Qontoroh yang terletak di antara surga dan neraka. Kemudian diqisos kedzoliman-kedzoliman yang terjadi di antara mereka di dunia. Sehingga apabila sudah dibersihkan dan disucikan maka mereka akan diizinkan untuk masuk surga. Dan demi Zat Yang Jiwa Muhammad berada di tangan-Nya. Sungguh salah seorang dari mereka lebih mengetahui rumahnya di surga dari pada rumahnya di dunia (H.R. Bukhari)

 

Yang akan dibersihkan di sini adalah ghill yang ada di hati orang-orang yang beriman, seperti hasad, dendam, kebencian dan lain-lain yang kadang terjadi di antara mereka.

Semakin bersih hati seseorang di dunia dari ghill maka akan semakin sebentar Qishash-nya dan akan semakin cepat dia masuk ke dalam surga.Sebaliknya, semakin banyak ghill hasad, dendam dan kebencian kepada sesama orang yang beriman, maka akan semakin lama Qishash-nya dan semakin lama dia masuk ke dalam surga.

Qishash di Al-Qantharah ini terjadi di antara sesama orang yang beriman saja, dengan maksud pembersihan hati.

Adapun Qishash di Padang Mahsyar, maka untuk semua mahluk yang kafir maupun yang mukmin. Yang mencakup Qishash karena kedzoliman harta, fisik maupun kehormatan. Apabila sudah bersih dari ghill barulah mereka bisa masuk surga. Karena tidak masuk surga kecuali orang-orang yang benar-benar sudah bersih dan baik keadaannya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam Surat Al-Hijr: 47

وَنَزَعۡنَا مَا فِى صُدُورِهِم مِّنۡ غِلٍّ إِخۡوَٲنًا عَلَىٰ سُرُرٍ۬ مُّتَقَـٰبِلِينَ

Dan Kami akan hilangkan ghill dari dada-dada mereka.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala membersihkan hati kita dan saudara-saudara kita dari hasad, dendam dan kebencian yang tidak dibenarkan dan semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjadikan kita hamba-hamba-Nya yang mudah untuk memaafkan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar