Kamis, 09 Mei 2013

Chocolate Cupcake

Holla, ada yang mau chocolate cupcake? :D


Chocolate Cupcake with  Cream Cheese. Nyam.. Nyam...





Nyaaam, tetep lezaat walaupun hiasan agak 'somplak', hehe




Sebelum menulis resep ini disini, saya sudah beberapa kali membuat chocolate cup cake. Pertama kali buat, gagal, ketika sudah matang, cake-nya mblesep, mendem, menciut, sejenis itulah, dan kata Ibu saya, rasanya terlalu manis dan pahit! Ya ampyuuuun! tapi, saya nggak nyerah gitu ajah, malah tambah semangat! Lalu, saya usaha buat lagi, eeeet dah, kata orang-orang lagi kepahitan, karena kebanyakan cokelat. Naaaah, pas yang ketiga kalinya, baru dah pas rasanya :)

Mariii diintip resep yang saya dapat dari aplikasi Masak Apa (punya detik.com). Oia, resepnya saya modif sedikit, tentunya sesuai dengan selera saya ya, hehe.




Chocolate Cupcake untuk Tsaqi



Bahan:
100 gram mentega
130 gram gula pasir halus
3 butir telur ayam
150 gram tepung terigu
2 sdm cokelat bubuk
1/4 sdt baking powder
1 sdt vanili bubuk

Cara Membuat:
1. Ayak jadi satu tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder dan vanili bubuk. Pisahkan.
2. Kocok mentega dan gula hingga lembut dengan mixer.
3. Masukkan telur ayam satu persatu sambil dikocok terus hingga lembut dan rata (jangan lama-lama).
4. Masukkan campuran terigu ke dalam adonan. Aduk rata dengan teknik aduk balik.
5. Tuang ke dalam mangkuk kertas (cup case) hingga 3/4 bagian.
6. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 180C selama 30 menit hingga mengembang dan matang.
7. Angkat dan dinginkan.
8. Hiasi cup cake dengan fondant atau buttercream atau cream cheese.

Kalau mengikuti resep aselinya, topping cup cakenya memakai olesan cokelat, tapi biar rasanya bervariasi, maka saya ganti dengan cheese cream :)

Oia, untuk satu resep adonan ini bisa jadi sekitar 8 - 10 porsi cupcake :)

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar