Jumat, 01 Maret 2019

Ini Itu Soal Bengkel Diri

Setahun lalu, sering kali melihat nama Ummu Balqis seliweran di Instagram dipakai menjadi quote mamak - mamak kekinian. Isinya apa? Pokonya makjleb deh. Mengena dihati, hahaha. Lalu saya telusurilah, sampai akhirnya menemukan akun Bengkel Diri (BD) di Instagram, dan Informasi Pembukaan Angkatan 3 ini. Ternyata Bengkel Diri adalah besutan Ummu Balqis yang juga menjadi Kepala Sekolahnya.



Source: https://www.instagram.com/p/Bi1b7cwgbMX/

MasyaAllah, pertama kali yang terbersit ketika melihat pengumuman ini adalah, betapa saya sudah tertinggal jauh dalam lumpur kemalasan men-upgrade diri. Sementara zaman now saja, sekolah sudah bisa online, bahkan melalui pesan singkat. 

Setelah saya baca-baca cermat nan penuh khidmat di bulan Mei setahun lalu itu, akhirnya saya memantapkan diri untuk mendaftar menjadi siswi Bengkel Diri Level 1 Angkatan 3. Kebetulan waktu itu, pendaftaran BD masih menggunakan whatsapp, berbeda dengan sekarang yang sudah memakai Google Form.









Tepat pada 20 Mei 2018, saya mendapat balasan dari Kak Rani, dengan isinya seperti berikut:


Assalamualaykum, terimakasih sudah menghubungi saya selaku staf pendaftaran angkatan 3

Bengkel diri adalah perkuliahan online via whats app yg sudah dikondisikan agar bisa diakses dengan mudah kapanpun dan dimanapun


Fasilitator2 kami insyaAllah mumpuni di bidang masing2


Perkuliahan dilakukan mayoritas malam hari, jika saat waktu kuliah tdk hadir karena berhalangan bisa diakses ulang kapanpun


KHUSUS MUSLIMAH


berbayar: Rp 250.000,- 


Silahkan lengkapi data berikut jika  benar-benar serius


NAMA:

LOKASI TEMPAT TINGGAL: misal Pasar minggu, jaksel
USIA:
Status pernikahan: misal single/menikah/janda
Jumlah anak dan usia
ALAMAT IG:
ALASAN IKUT:


Jangan daftar jika hit and run/tdk serius karena quota terbatas dan peminat banyak. Agar proses pengkondisian kelas tidak terhambat

Jazzakillah khoir 😊




Ketika membaca respon Kak Rani, jujur saja, bagian yang paling susah diisi adalah "Alasan Ikut". Sejujurnya saya pun bingung apa alasan dan tujuan saya ikut BD. Namun, saya merasakan kekosongan, kehampaan diri ini sudah lama tidak ikut mentoring/ liqo seperti saat kuliah dulu. Hidup berjalan seperti biasa, tapi yang dirasa seperti itu saja, seperti ada yang hilang. Tapiii saya ingin sekali menjadi pribadi yang lebih baik lagi, terutama dalam mendidik anak-anak.


Alhamdulillah, proses pendaftaran saya berhasil, dan resmi menjadi siswi kelas Marwah. Saat itu, ada tiga kelas pada Level 1 Angkatan 3. Kelas tersebut terdiri dari Kelas Arafah, Safa dan Marwah, seperti penjelasan lebih lanjut dari Kak Rani.

Assalamualaikum
Bismillahirrahmanirrahim

Selamat datang di angkatan 3 Sekolah Online bengkel diri, terima kasih sudah melengkapi seluruh registrasi siswa


Penerima pesan ini berarti telah resmi terdaftar sebagai siswa bengkel diri.

____

Pembentukan grup, invitation ke grup akan dibuat 16 Juni 2018


Mohon diperhatikan akan ada 3 grup di Angkatan 3 ini


Grup Arafah, Grup Shafa dan Grup Marwah


Jadwal orientasi online di grup WA kelas pukul 20.00 WIB (GMT+7), langsung oleh kepala sekolah kita, ibu Ummu Balqis:


Arafah >> 17 Juni 2018

Shafa >> 18 Juni 2018,
Marwah >> 19 Juni 2018

Orientasi adalah penjelasan secara detail teknis, program dan apapun yg terkait kegiatan ini.

___

Setelah diinvite, dimohon untuk tidak melakukan aktifitas chat dahulu sebelum petugas mengumumkan Rules dan Tata Tertib Bengkel diri



Jazzakillah khoir ukhti shalihah




Bagaimana? Sudah mulai benderang apa itu Bengkel Diri?
Jadi singkat cerita, BD adalah sekolah online berbasis pesan singkat melalui aplikasi whatss-app yang nyatanya sunguh fleksibel bagi mamak-mamak pencari ilmu seperti saya. Soalnya, jika tidak sempat hadir di kelas saat itu, masih bisa diakses kapan-kapan lagi. hehehe.. maklum, namanya juga mamak-mamak zuper zibuk. Eits, tapi jangan sampai terlena selalu tidak hadir saat kelas berlangsung. Nanti kita sendiri yang rugi gaesss.

Adapun materi dalam sekolah BD berkaitan dengan pengembangan diri, bukan perkembangbiakan diri ya gaess. hahaha... Materinya berupa skill pengembangan diri dunia akhirat. Soalnya, salah satu goals dari BD yaitu ingin menjadikan siswinya produktif dan semangat menata kehidupan dunia akhiratnya dengan bahagia. InsyaAllah. Aamiin Allahumma Aamiin.



Kurikulum 1 Bulan Pertama di Level 1 Kelas Marwah
Perkuliahan yang dilakukan setiap 3 hari sekali dengan total 20 kali pertemuan ini berdurasi selama 2 jam. Untuk 1 jam pertama diisi dengan materi dari fasilitator (pemateri) dan dipandu oleh seorang wali kelas. Fasilitatornya siapa aja? Tentunya ada Ummu Balqis dan Uzadzah bahkan Psikolog yang mumpuni sesuai dengan bidang keilmuannya. Nah, 1 jam selanjutnya digunakan untuk sesi tanya jawab. Emang efektif? Owh tentu saja, bahkan lebih efektif daripada kelas atau seminar offline yang mana sesi pertanyaan sangat dibatasi baik jumlah atau durasinya. Kalau di BD malah lebih puas, usai sesi materi, siswi bisa mengirim pertanyaan melalui wali kelas, dan nantinya akan dilempar ke grup kelas. Wali kelas tidak akan mencantumkan nama si penanya. Benar-benar terasa lebih private kan. Apalagi jika yang ditanyakan berkaitan dengan masalah atau bahkan aib.




Kurikulum 1 Bulan Pertama di Level 1 Kelas Marwah
Udah kelar tanya jawab, trus apalagi? Tugas gaesss. haha. Tapi tenang, jangan langsung strezz. Tugasnya seru koq, soalnya ini tuh sebenernya kaya nantangin diri sendiri, bisa apa enggak? ngena apa enggak materinya? ngerti apa enggak materinya? Tugasnya biasanya berupa unggah resume materi yang disampaikan. Ada juga fasilitator yang memberi tugas langsung praktek dan unggah hasilnya di sosial media (instagram).

Bingung atau galau soal tugas? tenang, masih ada grup (ruang) silaturahim yang masih di aplikasi whats-app, biasanya disebut Cafe untuk setiap kelas. Nah, disini kita bisa chit-chat ngobrol panjang kali lebar, tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan. Ga ribet koq, ketentuannya berkaitan soal buka tutup jam diskusi ajah. Yakali masa iya kita mau ngobrol seharian, kan bisa mengganggu yang lain. Haha. Di ruang ini juga terkadang bisa diskusi sama fasilitatornya loh.



Kurikulum 1 Bulan Pertama di Level 2 Kelas Al Haram
Kurikulum 1 Bulan Pertama di Level 2 Kelas Al Haram



Siapa aja yang boleh ikut? Semua muslimah dengan minimal usia 17 tahun yes. Oiya, meski sudah 17 tahun plus plus plus (banyak ya plusnya, *sesuai umur, wkwk) semua siswi akan mendapatkan dukungan untuk beribadah harian secara lebih baik lagi dan lagi. Soalnya tiap siswi akan selalu dipantau ibadah hariannya dengan berupa memberikan cek list ibadah harian mulai dari Sholat Fardhu, Sholat Sunnah, Sholat Dhuha, Qiyamulail, Dzikir pagi dan petang, Baca Alqurán, Bacaan Islami, Menyimak kajian (online/ offline), silaturahim hingga dakwah (baik di keluarga sendiri atau di sosmed). Ribet? Nggak juga sih, ini kan tujuannya buat akhirat nanti ya. Dan satu kuncinya, jangan minder jangan keder. Tetap semangat!




Source: https://www.instagram.com/p/BuaJyd2gGgB/


Jadi gimana gaesss, kepengen atau kepengen banget ikut BD? Masih bingung cara ikutnya? Cekidot gambar disebelah ya.

Soalnya, tepat tanggal 3 Maret 2019, BD akan buka kelas Level 1 Angkatan 7!

Jangan sampai kalian kelewatan ya.

Tetap semangat dalam mencari ilmu!

Eitts, tunggu, ini belum penutupan, saya mau infoin, Alhamdulillah saya bisa ikutan Bengkel Diri Level 1 di Kelas Marwah dan Level 2 di Kelas AL Haram. Mohon doanya, semoga bisa menjadi lebih baik lagi dan bisa ikutan level terakhir di BD, yaitu Level 3. Aamiin.






Oiyaa... untuk satu masa tertentu, BD juga membuka kelas online Seminar Online Tematik
Berdamai Dengan Luka. Kelas online ini terutama ditujukan untuk muslimah yang kemungkinan sulit bangkit dari luka pasca pengkhianatan pernikahan, perceraian, pengabaian hak2 hingga mengalami luka hati yang mendalam yang mengganggu ketuntasan amanah kehidupan sekarang. Eett tapi nggak harus bermasalah dulu sih baru bisa ikut kelas ini. Bisa juga buat muslimah yg ingin belajar, agar mampu memberi masukan pada sahabat/kerabat yg terkena kasus guncangan pernikahan.

Saya sendiri Alhamdulillah bisa mengikuti kelas ini selama 3 hari pada September tahun lalu. Adapun pemaparan materi berlangsung selama 4 jam dengan 8 jam untuk tanya jawab. Sementara itu, seminar ini dipandu oleh moderator dan 3 fasilitator (pemateri) yang membawakan materi dari sisi ilmu keislaman, psikologi atau motivasi. Untuk lebih jelasnya, langsung saja meluncur ke akun BD ya.

20 komentar:

  1. Masya Allah..motif ikut bd nya sama banget dengan saya, dimana merasa ada ruang kosong di hati. Smoga Allah senantiasa menjaga semangat utk terus mengupgrade diri ya mba..

    BalasHapus
  2. Rasanya, seneng banget ya, bisa ada di bengkel diri. Bersyukur banget ya mbak. Mudah mudahan Allah istiqomahkan kita pada kebaikan...aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mba, Alhamdulillah Allah tunjukkan kebaikan buat kita.. Aamiin Allahumma Aamiin makasiy ya mba :)

      Hapus
  3. MasyaaAllah Tabarakallah. Salam kenal mba annisa lestari. 🙏😍

    BalasHapus
  4. MasyaAllah... tryt qta sekelas mba pas level 2... salam kenal...

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah ya mba Bengkel Diri bisa menjadi pengisi kekosongan hati.. terimakasih sharingnyaaa.. semoga kita selalu diberi rezeki berupa keistiqamahan oleh Allah swt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Allahumma Aamiin.. makasiy ya mba sudah mampir :)

      Hapus
  6. Bener banget mba, pas lagi galau di ttik terendah ketemu BD berasa dicharge.. MashaAllah ..
    Salam kenal ya mba.. 😊🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba langsung berasa Fresh ya.. makasiy ya mba sudah mampir :)

      Hapus
  7. Masya Allah...keren ulasannya. Tetap semangat, ya. Bismillah

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum..salam kenal teteh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam mba wulan :) Makasi ya udah mampir :)

      Hapus
  9. Nice sharing semoga bisa menjadi amal jariyah bagi kita semua yaaa. (syahdiansofwan.wordpress.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Allahumma Aamiin... terima kasih mba :)

      Hapus