Sabtu, 18 April 2020

Pentingnya Memilih Material Alat Masak

Assalamu'alaikum
Alhamdulillah bisa ngetik lagi :)

Kali ini pengen ngebahas soal bahan (material) peralatan memasak buibu di rumah.
Pengen cerita dikit dulu...

Waktu masih kecil, di rumah suka liatin ibu masak di dapur (bantuinnya aja kadang-kadang, hehe), ibu memakai wajan anti lengket gitu. Takjub liatnya, menumis, menggoreng dan lainnya ga lengket. Mudah dibersihkan dan mudah perawatannya. Bertahun-tahun memperhatikan, ternyata bahan tersebut mudah tergores dan bahkan mengelupas. Tapi, masih tetap dipakai untuk memasak. Mantemans pasti tau ya jenis material tersebut, yaitu Teflon. 

Nama latin bahan anti lengket ini yaitu polytetrafluoroethylene (PTFE) yang dibuat oleh Roy J. Plunkett pada tahun 1938. Senyawa buatan ini digunakan sebagai pelapis wajan, supaya  tidak lengket saat menggoreng. 

Namun, ternyata setelah dewasa dan sejak menikah, mata langsung terbelalak. Ada yang kurang baik atau bahkan salah dalam memilih peralatan memasak dengan material teflon. Apakah peralatan memasak tersebut sudah thayyib bagi tubuh ini. Pasalnya, bukan hanya teknik memasak yang menentukan sehatnya suatu hidangan, tapi juga material peralatan memasak yang digunakan.

Akhirnya, setelah mengetahui hal tersebut, sedikit demi sedikit dan perlahan tapi pasti, mulai memberi tahu ibu tentang material alat masak yang baik, aman dan sehat bagi tubuh. Termasuk di rumah sendiri juga mulai menggunakan peralatan memasak dengan material yang aman.

Mungkin ada yang bertanya-tanya atau bahkan berpikir ribet, repot banget sampe mikir kesitu. Tapi, menurut saya ini penting, terutama untuk kesehatan diri dan keluarga.


Mengapa harus memperhatikan material peralatan memasak?
Menurut dr. Herlin Ramadhanti dalam kelas daring "Yuk Mengganti ke yang Lebih Thayyib" pada Rabu (18/3), jika menggunakan material peralatan memasak yang tidak baik maka bisa menimbulkan berbagai macam penyakit serius. Beberapa diantaranya, yaitu:

  1. Keterlambatan perkembangan anak. Menurut studi UCLA yang dipimpin oleh Chunyuan Fei, paparan prenatal terhadap material teflon, yaitu perfluorooctanoate (PFOA) dan perfluorooctanesufonate (PFOS)-keterlambatan perkembangan janin. Dapat terjadi juga saat masa MPASI.
  2. Kadar kolesterol tinggi. Sebuah penelitian terhadap 12.000 anak yang tinggal di Ohio dan Virginia Barat diuji kadar PFOA dan PFOS dalam darah (dua bahan kimia yang biasa ditemukan dalam peralatan masak anti lengket). Para peneliti mengamati bahwa anak-anak dengan kadar tertinggi kedua bahan kimia beracum inimjuga lebih cenderung memiliki kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) yang tinggi.
  3. Neurotoksisitas. Banyak jurnal dan penelitian yang menyebutkan alat masak aluminium berkaitan erat dengan penyakit Alzheimer. Alat masak ini termasuk aluminium cookware including nonstick anodized aluminium, ceramic nonstick aluminium dan aluminium foil.
  4. Masalah tiroid, peradangan hati dan sistem kekebalan tubuh yang lemah, terkait dengan PFOS dan PFOA pada teflon.
  5. Alergi dna gejala seperti flu. Menurut Olga Naidenko, seorang ilmuwan senios di EWC, panci anti lengket dapat menghasilkan asap beracun yang dapat membuat alergi dan gejala mirip flu bagi penggunanya.
  6. Kanker. Studi pada hewan laboratorium telah menemukan paparan PFOA meningkatkan risikotumor hati tertentu, testis, kelenjar susu (payudara), dan pankreas pada hewan ini.


Selain itu, dr. Herlin juga menyebutkan beberapa material peralatan masak yang aman digunakan, yaitu yang terbuat dari:
1. Besi (cast iron) yang dipakai sejak zaman dahulu dan tahan panas.
2. Stainless Steel dengan karakteristiknya yang anti karat dengan beberapa grade. 
3. Kaca, misalnya yang dipakai untuk loyang.
4. Tembaga, tapi harus dijaga lapisannya dengan baik.
5. Claypot (tanah liat murni).

Alhamdulillah, jika dilihat dari rekomendasi jenis material tersebut, buibu tidak harus menggunakan peralatan yang mahal ya...
Nah, untuk detail mengenai masing-masing material peralatan masak tersebut, akan dibahas ditulisan lain ya. Sekalian mereview beberapa peralatan masak yang dipakai di rumah InsyaAllah.

Sampai jumpa lagi mantemans.
Tetap sehat dan semangat menjalani Ramadhan.



20 komentar:

  1. Penting nih mba,apalagi buat emak-emak kaya saya 🤭🤭🤭.

    Sharing sharing lagi ya mba peralatan dapur yang aman 😊
    Makasoh sharingnya nice info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo bermanfaat.. sippo semsem mba ☺️

      Hapus
  2. Bermanfaat sekali sharingnya mba! Terutama buat saya yg masih pake teflon. Ga ada kepikiran kalo ada bahayanya. Males sih mau pake yg stainless, nyucinya susah hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo bermanfaat.. semangat mba, udah sedikit demi sedikit ke yang lebih thayyib ☺️

      Hapus
  3. Terkadang, memilih alat memasak krn liat iklan nya yak😁
    Tp lupa yg penting sehat hehe
    Nice info. Makasih Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya juga ya mba.. sippo semsem mba ☺️

      Hapus
  4. ya Allah mba, aku pernah makan di restoran sehat gitu ya, trus ada tulisannya "no msg, glutten free, no teflon" gitu deh kurang lebihnya. Nah, aku cm bs bertanya dlm hati, emang teflon knpa? dan aku baru tau alasannya dari tulisan mba ini. terima kasih sharingnya yaa mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah.. keren banget itu restorannya ❤️ sippo mba semsem ya udah mampir ❤️

      Hapus
  5. Bermanfaat aeklai mba.. terus terang Saya pernah beli Teflon Karena anti lengket.. hanya itu saja alasannya.. ga dilihat lagi apa aeflonnya baik atau seperti apa kualitasnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba saya juga pernah beli teflon waktu dulu belom paham huhuu...

      Hapus
  6. masyaaAllah...alhamdulillah, nice sharing mba
    saya malah punya satu wajan anti lengket tsb yg bulet datar, hanya krna penasaran ingin coba, gimana rasanya masak pke wajan bgtu, ternyata berasa kurang sreg, susah bolak balikin tumisan dengan bebas....ndeso aku😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk.. mending pake wajan biasa ya mba 😆

      Hapus
  7. Wah trnyata masih byk yg belum tau klo teflon ini bahaya bgt ya..saya pun begitu tau lgsg ngasih tau ibu saya utk ga pake teflon lgi mba

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Mba kalau bisa kasih foto biar lebih jelas bedanya hehe

    BalasHapus
  10. Info baru nih mba. Ga nyangka milih bahan cookware ternyata penting banget

    BalasHapus