Sabtu, 11 April 2020

Review Kurumi Robot Vacuum KV 03



Assalamu'alaikum mantemans...


Alhamdulillah jumpa kembali disini. Kali ini pengen sekali-kali mereview produk yang lagi hits, yaitu Kurumi.

Ada 2 jenis vacuum Kurumi yang digunakan di rumah, yaitu Kurumi Robot Vacuum KV 03 dan Vacuum Cleaner KV 01. Maka dari itu, yuk disimak satu persatu...

Kurumi yang pertama di beli yaitu, Robot Vacuum KV 03, dengan harapan dapat membantu urusan domestik bersih-bersih di rumah pasca ditinggal ART. hehehe... Beli Robot Vacuum ini pada pertengahan tahun lalu di pameran. Alhamdulillah dapet harga diskon, *dasar mamak modis, modal diskon.

Warna terbaru dari Robot ini yaitu Rose Gold yang emang lagi digandrungi mamak-mamak instagram. Akan tetapi, berhubung tema furniture di rumah bernuansa hitam putih atau keabuan, maka akhirnya dipilihlah warna putih. Oiya, Kurumi KV 03 ini merupakan versi terbaru dari KV 02 yang mengklaim punya vitur lebih canggih.
Ada 4 fitur utama Kurumi KV 03 Robot Vacuum Cleaner:

1. Remote Control
Kurumi Robot Vacuum KV 03 ini memiliki remote kontrol dengan 5 mode pembersihan yaitu spot cleaning, edge cleaning, zig-zag cleaning, auto cleaning, dan max cleaning. Vakum ini juga dilengkapi dengan fitur schedule cleaning yang memungkinkan anda mengatur waktu robot bekerja hingga 23 jam 30 menit kedepan.

2. Water Tank
Berfungsi untuk mengepel lantai yang dilengkapi dengan water tank berukuran 120 mL, dan juga dilengkapi dengan tangki debu berikut HEPA Filter dan filter debu dengan kapasitas 0.5 liter untuk menghisap debu dan mikropartikel di lantai anda.

3. Auto Charging Saat baterai robot sudah rendah, robot akan secara otomatis mencari dok pengisian daya untuk melakukan pengisian daya.

4. Roller Brush Untuk membersihkan lantai rumah dengan lebih efektif. Dengan gerakan berputar kecepatan tinggi memudahkan mengangkat rambut dan bulu binatang di lantai.


Spesifikasi teknis
Ukuran: 32x32x8 cm
Baterai: 2200 mAh Lithium Battery
Waktu Charge: 4-6 hours
Waktu Pemakaian: Auto 90-100 Min / Max 60-70 Min
Kapasitas tempat debu : 0,5 L
Mode: 5 (Spot, Edge, Zig Zag, Auto, Max)
Charging station: Ada / Auto charge
Sikat sisi: 2
Sikat Putar: ada
Kain Pel : ada
Tangki Air: 120 ml
Remote control + Schedule Cleaning





Setelah hampir menggunakan robot vacuum ini selama hampir setahun, sebagai pemula dalam dunia robot vacuum, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dirasakan.


Kelebihan Robot Vacuum KV 03:

1. Bersih 90%
Robot ini membersihkan hampir seperti jika memakai sapu. Lantai langsung berasa kesatnya gitu. Tidak ada lagi rasa debu-debu kecil bin halus yang bertebaran di lantai.

2. Kekuatan Daya Hisap yang Memadai
Daya sangat memadai untuk dikelas robot vacuum ini ya. Bisa menyedot serpihan makanan, rambut, pasir, tisu, bahkan uang kertas, hahaha. Tapi ya nggak bisa nyedot uang logam. Soalnya nilainya kecil, eh bukan deng, tapi berat, heuheu.

3. Bisa Mengepel
SI robot ini juga punya alat pel yang bisa dicopot pasang, letaknya ada di bagian belakang bawah. Terbantu banget siy kalo lagi cape bebenah, langsung aja pasang lap pelnya, jadi nyapu sekalian ngepel. Praktis.

4. Mudah Digunakan
Robot ini mudah digunakan, termasuk juga penggunaan Remote Control yang sangat sederhana. Iya, sesederhana harganya untuk di kelasnya. Pasalnya ada yang lebih mahal harganya dari KV 03, tapi fiturnya tidak secanggih si Kurumi ini. Oiya, dengan remote ini dapat membantu si Kurumi sesuai dengan arah yang kita mau. Anak-anak pun juga mudah menggunakannya.

5. Tidak Berisik
Sebagai pemula dalam memakai robot vacuum, menurut saya bunyinya tidak mengganggu ya. Masih lebih brisik bunyi blender. Sehingga saat dinyalakan tidak ada yang terganggu di rumah.

6. Harga Terjangkau
Untuk harga yang dibandrol sekitar Rp 2.000.000 ini sangat lumayan sekali ya. Jangan dibandingkan dengan harga robot vacuum lain yang lebih komplit fiturnya, tentu ada harganya juga.

7. Bisa Pulang Sendiri
Dengan harga sedemikian, robot vacuum ini termasuk yang mandiri karena bisa pulang sendiri. Kalau baterainya sudah habis, langsung balik ke dock (tempat charger) secara otomatis atau dengan remote.

8. Mampu Menjangkau Sudut
Dengan adanya mode edge cleaning, KV 03 ini mampu mengjangkau sisi-sisi pinggir rumah dan sudut-sudut rumah. Memang tidak bersih seperti memakai sapu. Tapi memuaskan hasilnya. Bahkan, ketebalannya pun termasuk pas, tidak terlalu tebal sehingga bisa nyelip di bagian bawah (kolong) furniture, yang kadang sulit terjangkau dengan sapu.

9. Anti Nyusruk 
Robot pembersih ini juga dilengkapi dengan sensor anti nyusruk dan anti nubruk. Misalnya ketika melewati di jeda lantai atau berada di pinggir tangga paling atas, robot tidak akan jatuh, karena ada sensornya. Robot akan menghindari bagian lantai yang rendah atau terdapat perbedaan tinggi tersebut.

10. Anti Nubruk
Selama proses pembersihan, robot hanya akan berjalan santai, tidak tergesa-gesa apalagi sampai nabrak-nabrak furniture. Sekali lagi, karena ada sensornya. Sehingga furniture di rumah tetap aman dari lecet atau gores.


Kekurangan Robot Vacuum KV 03:

1. Tangki Kecil
Dengan ukuran sedemikian yang sama kaya merk tetangga, ukuran tangki debu dan tangki airnya termasuk lebih kecil. Ya mungkin itu perbedaan harganya karena Kurumi lebih terjangkau.

2. Rajin Dibersihkan
Berhubung tangki debunya kecil, maka dari itu harus selalu rajin dicek dan dibersihkan. Apalagi kalau ada banyak rambut, suka nyangkut dan bikin ngambek ga mau jalan.

3. Tingkat Kebasahan Tidak Bisa Diatur
Saat lap pel dipasang, tingkat kebasahannya tidak bisa diatur. Saat pertama kali dipel, akan terasa sangat kering, lalu lama kelamaan malah jadi becek.



Nah, jadi kekira demikian pengalaman bersama si robot vacuum hampir setahun terakhir ini. Semoga membantu mamak-mamak dalam mencari informasi saat hendak membeli robot vacuum.

Jika ada yang penasaran boleh bertanya via kolom komentar ya...

Semoga bermanfaat.
Tetap sehat, tetap semangat.

14 komentar:

  1. Wah makasih mba infonya 😁 sering liat yang begini nih di drakor πŸ˜‚
    Keren harga wort lah untuk spek kaya gini.mudah-mudahan bisa kebeli yang begini. aamiin

    BalasHapus
  2. Keren robotnya mba', drdulu pingin beli kurumi tapi takut nyesal. . Rupanya bagus ya mba' πŸ™‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah membantu :) untuk referensi lainnya bisa liat di youtube :)

      Hapus
  3. Wah pengen bgt sama si kurumi ini, krna vacum dirumah yg pake air manual jdi bner2 ribet pakenya

    BalasHapus
  4. Jadi pengen punya juga mba 😁

    BalasHapus
  5. pertama kali liat robot vacum pas nonton drakor. sekarang ternyata di indo juga udah ada yah. aku juga pengen punya, thanks infonya jadi tau plus minusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba dari drakor juga hhehe.. your welcome mba :)

      Hapus