Minggu, 01 Maret 2020

4 Rekomendasi Madu Pilihan Keluarga

Assalamu'alaikum mantemans...

Alhamdulillah bisa menulis kembali, kali ini pengen bahas tentang madu. Cairan berwarna keemasan ini sudah hampir 100% menjadi pengganti gula di rumah. Alhamdulillah anak-anak pun sudah mulai terbiasa mengonsumsinya.


Jadi teringat dahulu, madu yang ditahu hanya madu dari produksi negeri sendiri, seperti madu Bima, madu Sumbawa, madu Badui, dll. Orangtua yang mengenalkan jenis-jenis madu tersebut pada saya dan adik-adik. Biasanya orangtua kami membawa madu ketika dinas luar atau pemberian dari teman/kerabat.


Namun, saya sendiri kurang menyukainya saat itu karena rasanya yang sangat manis dan menyengat. Bahkan, saat masih sekolah, pernah menuding madu sebagai salah satu penyebab kumatnya maagh. Alhamdulillah, sekarang sudah taubat, tidak pernah menyalahkan makanan lagi, hehe...


Manfaat Madu



Lalu semenjak berkeluarga selalu berusaha ingin memberikan yang terbaik, salah satunya dalam asupan gizi. Jadilah akhirnya cari tahu dan baca berbagai macam referensi soal makanan sehat untuk keluarga.  Salah satunya adalah dengan asupan madu dalam keseharian yang banyak sekali manfaatnya.

Keistimewaan madu sudah dijelaskan Allah Subhanallahu Wa Ta'ala dalam firmannya yang berbunyi,


وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى ٱلنَّحْلِ أَنِ ٱتَّخِذِى مِنَ ٱلْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ ٱلشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia", (Q.S. An Nahl: 68)




ثُمَّ كُلِى مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ فَٱسْلُكِى سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنۢ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ أَلْوَٰنُهُۥ فِيهِ شِفَآءٌ لِّلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ



Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (Q.S. An Nahl: 69).

Dalam ayat ini terkandung betapa besar tanda kekuasaan Allah ta’ala, ilmu, hikmat dan rahmat-Nya. Allah Subhanallahu Wa Ta'ala telah mengajarkan seekor lebah untuk membuat madu. Lalu dimanfaatkan oleh manusia yang di dalamnya terdapat obat segala penyakit. Rasanya pun ama lezat dengan berbagai macam warna keemasannya.


Rasulullah juga pernah memerintahkan orang yang sakit perut untuk mengonsumsi madu, seperti dalam riwayat Bukhari dan Muslim berikut ini,
أَنَّ رَجُلاً أَتَى النَّبِيَّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: أَخِي يَشْتَكِي بَطْنَهُ. فَقَالَ: اِسْقِهِ عَسَلاً. ثُمَّ أَتَاهُ الثَّانِيَة فَقَالَ: اسْقِهِ عَسَلاً. ثُمَّ أَتَاهُ الثَّالِثَة فَقَالَ: اسْقِهِ عَسَلاً. ثُمَّ أَتَاهُ فَقَالَ: فَعَلْتُ. فَقَالَ: صَدَقَ اللهُ وَكَذَبَ بَطْنُ أَخِيْكَ، اسْقِهِ عَسْلاً. فَسَقَاهُ فَبَرَأَ
“Ada seseorang menghadap Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata: ‘Saudaraku mengeluhkan sakit pada perutnya (dalam riwayat lainnya: sakit diare).’
Nabi berkata: ‘Minumkan ia madu.’
Kemudian orang itu datang untuk kedua kalinya,
Nabi berkata: ‘Minumkan ia madu.’
Orang itu datang lagi pada kali yang ketiga,
Nabi tetap berkata: ‘Minumkan ia madu.’ Setelah itu, orang itu datang lagi dan menyatakan: ‘Aku telah melakukannya (namun belum sembuh juga malah bertambah mencret).’
Nabi bersabda: ‘Allah Maha Benar dan perut saudaramu itu dusta. Minumkan lagi madu.’
Orang itu meminumkannya lagi, maka saudaranya pun sembuh.”
(H.R. Bukhari Muslim)

Oleh karena itu, jika madu dikonsumsi dengan dosis yang tepat, maka madu dapat bermanfaat sebagai
  1. Madu dapat dimanfaat sebagai pengganti gula sehingga dapat membantu mencegah diabetes.
  2. Nutrisi yang terkandung dalam madu dapat membuat metabolisme dan stamina tubuh meningkat.
  3. Madu juga dapat mendetoks bakteri tidak baik yang membuat tubuh mudah terserang penyakit sehingga meningkatkan imunitas tubuh.
  4. Kandungan antioksidan dalam madu dapat membantu mencegah kanker serta menyehatkan jantung.
  5. Menurunkan kolesterol dan berat badan.
  6. Melembabkan kulit.
  7. Mengatasi bibir yang pecah-pecah.
  8. dan segudang manfaat lainnya.
(Sumber: disarikan dari Liputan6.com

Madu Alshifa Kemasan 1 kg. Madu Alshifa dikemas dengan toples kaca.


Namun, dalam artikel Madu (1): Manfaat Madu di Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa ada kondisi tertentu yang menyebabkan seseorang tidak bisa mengonsumsi madu, yaitu 
  1. Bayi di bawah usia satu tahun sebaiknya tidak diberi madu karena kemungkinan dapat mengalami botulisme(keracunan yang disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum). Keracunan makanan jenis ini bisa mematikan, bagaimanapun, tampaknya hal tersebut hanya mempengaruhi bayi di bawah usia satu tahun.
  2. Jika anda memiliki alergi terhadap tanaman tertentu, maka anda harus memastikan bahwa madu yang anda konsumsi tidak diproduksi dari tanaman itu.
  3. Orang-orang yang alergi terhadap sengatan lebah harus berhati-hati saat menggunakan produk terkait lebah lainnya seperti propolis atau royal jelly.
Lalu jadi teringat kembali tahun lalu ketika pertama kali nyobain Royal Jelly untuk pertama kalinya. Setelah ditenggak, langsung saya muntah karena ada rasa mual yang tak dapat dibendung. Entah mengapa sebabnya saat itu, mungkin karena kondisi badan juga sedang tidak fit.

Madu Favorit
Akhirnya sampai saat ini saya belum mengonsumsi lagi royal jelly, dan hanya mengonsumsi madu. Untuk rasa madu, warna dan tingkat kekentalannya pun beraneka macam. Nah, ada beberapa rekomendasi madu yang bisa dikonsumsi saya dan keluarga di rumah. Yuk cekidot.

  1. Madu Alshifa Natural Honey yang berasal dari Arab Saudi. Madu jenis Natural Honey ini jadi paling favorit karena rasa manisnya yang pas, tidak "giung" dimulut. Madu ini tersedia dalam berbagai kemasan, mulai dari 250 gram hingga 1 kg. Biasanya dirumah selalu stok yang ukuran 1 kg yang dibeli melalui marketplace seperti Tokopedia atau Shopee. Sudah beberapa tahun ini belanja online madu lebih murah daripada beli di toko langsung. Tentunya pastikan toko onlinenya terpercaya ya demi menjaga keaslian madu. Harga madu 1 kg berkisar antara Rp 145.000 - 200.000 di pasar online.
  2. Madu Multiflora JSR yang juga dibeli secara online di toko dr. Zaidul Akbar. Madu ini dikemas dalam botol plastik seberat 760 gram dengan harga sebesar Rp 130.000. Jika sedang kehabisan madu Alshifa, kami di rumah mengonsumsi madu multiflora ini. Rasanya lebih manis dari madu Alshifa, tapi tetap tidak "giung" dan anak-anak menyukainya. Warnanya sedikit lebih gelap dan lebih encer dari madu Alshifa.
  3. Madu Gold JSR yang juga masih dari toko yang sama dengan madu multiflora. Namun, dengan kemasan yang sama dengan madu multiflora harganya lebih tinggi sedikit. Satu botol kemasan 760 gram Madu Gold ini dibandrol dengan harga Rp 200.000. Warna madu gold hampir mirip dengan multiflora, tapi rasanya lebih manis.
  4. Madu Gold JSR. Sumber: JSR Store
    Madu Multiflora JSR. Sumber: JSR Store
  5. Madu Uray merupakan madu hutan dari Indonesia. Yeaaay... Biasanya konsumsi ini kalau ketiga jenis madu tadi lagi kosong dimana-mana. Madu uray menjadi favorit terakhir karena ini rasanya paling manis diantara ketiga madu sebelumnya. Teksturnya pun lebih light dengan warna yang lebih terang dibanding madu lainnya. Kemasan madu uray juga bervariasi, mulai dari kemasan mini sekali minum hingga kemasan 875 gr dengan harga mulai dari Rp 10.000 - 135.000. 
    Madu Uray Kemasan 330 ml
    dengan harga sekitar Rp 70.000-85.000





Demikian beberapa rekomendasi madu yang dapat dikonsumsi untuk keluarga di rumah. Untuk selera dan rasa kembali pada individu masing-masing ya... Namun, pastikan madu yang dikonsumsi terjamin keaslian dan kandungannya.
Jika manteman ada referensi lain madu, boleh silahkan diinfokan ya :)

14 komentar:

  1. mba, cara bedain madu asli gimana yaa... oya jenis2 madu ini mudah kah untuk dicari di pasaran atau market place?

    BalasHapus
  2. Masya Allah. Ketemu pecinta madu 😍
    Dannn pelanggan toko jsrnya dr zaidul 😁
    Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan. Aamiin

    BalasHapus
  3. Madu emang yang terbaik ya mba 😄 apalagi buat kesehatan anak2

    BalasHapus
  4. Trimakasih untuk info tentang madunya ya mba.. 😊

    BalasHapus
  5. lagi coba minum madu lagi.. tapi kadang masih bingung milihnya

    BalasHapus
  6. MasyaAllah kebetulan suami hobi banget minum madu, bisa jadi bahan referensi nih, keempatnya belum pernah nyoba masa hehe...jazakillah ya mba sharingnya.

    BalasHapus
  7. Boleh dicoba nih keempatnya 😍

    BalasHapus
  8. Toss dlu mba, samaan bgt pilihan madu yg dikonsumsi, cma saya konsumsi madu tiap hari buat bkin resep jsr aja 😁

    BalasHapus
  9. Jazaakillah khayr mba. Alhamdulillah saya dan keluarga juga rutin konsumsi madu hehe

    BalasHapus
  10. MasyaaAllah...nice sharing mba😊

    BalasHapus
  11. Masya Allah..
    Alhamdulillah saya dan keluarga juga selalu sedia madu untuk menjaga kesehatan. Jazakillah khayr mba sharinģnya😊🙏

    BalasHapus