Rabu, 09 September 2020

HSI - S5 - Beriman Kepada Hari Akhir Bagian 3 (Halaqah 68) - Masuknya Orang-Orang Yang Beriman Ke Dalam Surga Bagian 01 Dari 02

Rabu, 9 September 2020
Halaqah Silsilah Ilmiah (HSI)


Beriman Kepada Hari Akhir Bagian 3 (Halaqah 68)
Masuknya Orang-Orang Yang Beriman Ke Dalam Surga Bagian 01 Dari 02

Halaqah yang ke-68 dari Silsilah Ilmiyyah Beriman Kepada Hari Akhir adalah tentang Masuknya Orang-Orang Yang Beriman Ke Dalam Surga (Bagian 1).

Setelah dibersihkan hatinya, maka orang-orang yang beriman akan digiring menuju surga dengan terhormat dan dimuliakan.
Allah akan kembali memuliakan Nabi-Nya di hadapan orang-orang yang beriman.
Rasulullah Shalallohu Alaihi Wasallam akan diizinkan untuk memberikan syafaat bagi calon penduduk surga, supaya dibukakan pintu surga.
Syafaat ini juga termasuk syafaat khusus dari beliau Sholallohu Alaihi Wasallam.
Rasulullah Shalallohu Alaihi Wasallam yang pertama kali akan mengetuk pintu surga.

Rasulullah Shalallohu Alaihi Wasallam bersabda :

وَأَنَا أَوَّلُ مَنْ يَقْرَعُ بَابَ الْجَنَّةِ

Dan akulah yang pertama kali akan mengetuk pintu surga (H.R. Muslim)


Rasulullah Shalallohu Alaihi Wasallam juga bersabda :

آتِي بَابَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَأَسْتفْتِحُ، فَيَقُولُ الْخَازِنُ: مَنْ أَنْتَ؟ فَأَقُولُ: مُحَمَّدٌ، فَيَقُولُ: بِكَ أُمِرْتُ لَا أَفْتَحُ لِأَحَدٍ قَبْلَكَ 

Aku akan mendatangi pintu surga pada hari kiamat. Kemudian aku minta untuk dibuka. Berkatalah penjaga surga, Siapa kamu? Aku menjawab, Muhammad, Penjaga pintu surga berkata, Denganmulah aku diperintah tidak membuka untuk seorangpun sebelummu (HR. Muslim)

Dibukalah pintu-pintu surga dan masuklah penduduk surga dengan disambut oleh para malaikat.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam Surat Az-Zumar 73-74 yang artinya:

وَسِيقَ الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ ﴿ ٧٣


وَقَالُوا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي صَدَقَنَا وَعْدَهُ وَأَوْرَثَنَا الْأَرْضَ نَتَبَوَّأُ مِنَ الْجَنَّةِ حَيْثُ نَشَاءُ ۖ فَنِعْمَ أَجْرُ الْعَامِلِينَ ﴿ ٧٤



Dan orang-orang yang bertakwa kepada Rabb mereka akan digiring ke surga secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke surga, dan pintu-pintunya telah dibuka, dan berkatalah penjaga-penjaga pintu surga kepada mereka, Salam atas kalian. Kalian telah baik, maka masuklah kalian ke dalam surga, sedang kalian kekal di dalamnya. Dan mereka mengucapkan, Segala puji bagi Alloh yang telah memenuhi janjinya untuk kami dan telah memberi kami tempat ini. Kami diperkenankan menempati tempat di dalam surga dimana saja kami kehendaki. Maka surga itulah sebaik-baiknya balasan bagi orang-orang yang beramal.

Umat Nabi Muhammad Shalallohu Alaihi Wasallam, merekalah yang pertama kali masuk surga sebelum umat yang lain.

Rasulullah Shalallohu Alaihi Wasallam bersabda:

نَحْنُ الْآخِرُونَ الْأَوَّلُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَنَحْنُ أَوَّلُ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ

Kita adalah umat terakhir tapi akan menjadi yang pertama di hari kiamat. Dan kita yang pertama kali masuk surga (HR. Bukhari dan Muslim)

Rombongan pertama dari umat Muhammad Shalallohu Alaihi Wasallam yang akan masuk surga, wajah-wajah mereka terang seperti bulan di saat purnama. (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah Radhiallohuanhu)

Di dalam hadits Sahl Ibnu Sa’ad Radhiallohuanhu yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, RasulullohSholallohu Alaihi Wasallam bersabda:

Akan masuk surga dari umatku 70.000 atau 700.000 (keraguan dari perawi hadits). Mereka saling bergandengan tangan di antara mereka sehingga masuklah awal mereka dan akhir mereka ke dalam surga. Wajah-wajah mereka seperti bulan di malam bulan purnama. Ada yang mengatakan merekalah orang-orang yang masuk surga tanpa hisab dan tanpa azab.


Dan sabda Rasulullah Shalallohu Alaihi Wasallam:

Sehingga masuklah awal mereka dan akhir mereka ke dalam surga maksudnya mereka akan masuk ke dalam surga dalam keadaan satu shof secara serentak. Dan ini menunjukkan sungguh besarnya pintu surga. Rasulullah Shalallohu Alaihi Wasallam mengabarkan bahwasanya orang-orang fakir muhajirin akan terlebih dahulu masuk ke dalam surga 40 tahun sebelum orang-orang kaya muhajirin(HR. Muslim )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar