Minggu, 16 Agustus 2020

Dekorasi 17 Agustusan #DiRumahAja

Assalamu'alaykum..

Alhamdulillah pada 17 Agustus 2020 ini, Indonesia akan memasuki Dirgahayu yang ke-75 tahun.

Dalam rangka memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia kali ini, sekolah kakak mengadakan tugas untuk menghias pintu dan jendela rumah bersama keluarga.

Ya memang 17 Agustusan kali ini terasa berbeda, tidak ada keriuhan, tidak ada lomba, tidak ada pawai keliling. Semua hanya dilakukan #dirumahaja.

Namun, kita tidak boleh kehilangan semangat kemerdekaan ya manteman ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Tetap Semangat! Merdeka!

Dekorasi dengan tema kemerdekaan ini boleh pilih salah satu, menghias pintu atau jendela. Akan tetapi, karena letak pintu dan jendela rumah kami di lantai 1 berdekatan, akhirnya kami memutuskan menghias seluruh pintu dan jendela yang berada di lantai 1๐Ÿ˜‚. Mulai dari pintu depan, jendela depan hingga jendela dan pintu samping.

Pertama-tama, kakak membuat sketsa hiasan yang akan dipasang pada pintu dan jendela. Kemudian, hiasan tersebut digambar dan diwarnai dengan krayon. Setelah itu, gambar tersebut digunting dan siap ditempel pada pintu dan jendela.

Selain itu, kami juga membuat hiasan ronce dari kertas bekas. Lumayan kan ya memanfaatkan barang bekas tak terpakai ๐Ÿ˜„Kertas dicat warna merah, dan ada juga yang diwarnai dengan krayon. Jika sudah kering, kertas digambar pola (love), lalu digunting mengikuti pola. Sesudah itu, tempelkan pola tadi secara bolak-balik dengan menyelipkan benang ditengahnya. Oiya, ronce-nya dibuat dua warna ya, merah dan putih. Ditempelkannya secara berselang-seling merah dan putih. Jika lem sudah kering, ronce siap digantung di depan pintu.




Berikutnya, kami juga membuat hiasan kipas merah putih. Berhubung di rumah hanya ada kertas metalik warna merah dan silver, kami pakai saja kertas tersebut. Cara membuatnya juga cukup mudah. Satu lembar kertas metalik dibagi menjadi 4 buah, lalu setiap masing-masing kertas dilipat bolak-balik seperti lipatan kipas kertas. Setelah itu dilipat hinggan membentuk seperti setengah lingkaran. Kipas kertas tersebut dapat ditempelkan di pintu dan jendela membentuk bulatan dan berselang-seling antara merah dan silver.

Ada banyak dekorasi lainnya yang digunakan untuk menghias pintu dan jendela di rumah. Untuk lengkapnya, manteman bisa simak videonya disini ya.

Saat dekorasi hendak ditempelkan di pintu dan jendela, kami juga berbagi tugas, Ayah dan Kakak menghias 2 jendela besar, sementara Ibu dan Adik menghias pintu dan jendela samping. Seru sekali lho kegiatan ini manteman. Proses pembuatan dekorasi ini membantu anak-anak untuk tetap melatih motoriknya. Selain itu, anak-anak juga diajarkan untuk menyusun suatu kegiatan, mulai dari perencanaan hingga pelaksanannya. Nah, saat pelaksanaan kegiatan, anak-anak dapat belajar untuk berbagi tugas dan bekerja sama.

Selain menghias rumah dengan tema kemerdekaan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat 17 Agustus kali ini meski #dirumahaja, yaitu:

1. Mengikuti siaran langsung Upacara Peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia.

2. Berdoa untuk Indonesia (terutama terkait pandemi Covid-19) dan para pahlawan yang telah gugur.

3. Memasak makanan nusantara favorit bersama anggota keluarga.

4. Berolahraga santai #dirumahaja bersama keluarga.


Demikian cerita kali ini. Semoga bermanfaat ya buat manteman yang ingin tetap menyemarakkan Dirgahayu Republik Indonesia tercinta.

Semangat! Merdeka!

7 komentar:

  1. Masyaallh mriah sekali..harusnya saya baca jni sebelum agustusan ni biar bisa dipraktekan juga๐Ÿ˜

    BalasHapus
  2. Masya Allah mba', semangat gotong royong mendekor rumah :')

    BalasHapus
  3. Seru sekalii dekor rumahnyaa, walaupun dirumah aja tapi tetap terasa ya 17 agustusannya..

    BalasHapus
  4. seru bangeeet dekor rumahnya mbak ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  5. Merdeka!!!
    Meriah & seru sekali mbak.....❤

    BalasHapus
  6. Waaah...jago dekor nih mba, anak jdi ga kehilangan momentnya ya..keren

    BalasHapus
  7. MashaAllah seru sekali yaa,, cara lain memaknai Kemerdekaan dengan keluarga..

    BalasHapus