Sabtu, 04 Juli 2020

Pertimbangan Sebelum Membeli Alat Masak

Assalamu'alaikum,

Alhamdulillah masih diberikan banyak nikmat oleh Allah Subhanallahu Wata'ala, terutama nikmat kesehatan.

Terkait kesehatan, saya pernah membahas tentang pentingnya memilih material alat masak dalam artikel Pentingnya Memilih Material Alat Masak. Namun, kesehatan fisik juga harus didukung oleh kesehatan mental. Jangan sampai membeli alat masak (cookware) yang "dianggap sangat sehat", tetapi harganya membuat kantong bolong. Bahkan, sampai harus berhutang sana-sini. ๐Ÿ˜‚ Sungguh ini sangat tidak baik bagi kesehatan mental.

Peralatan memasak yang ada di rumah memiliki berbagai macam bentuk sesuai fungsinya. Alat tersebut terdiri dari fry pan, wok pan, sauce pan, hingga casserole. Selama #dirumahaja beberapa bulan belakangan ini, saya menyadari, sudah harus mengganti peralatan masak tersebut. Bukan hanya satu dua, bahkan sebagian besar.


Alat masak lama (fry pan dan wok pan) yang harus diganti karena tergores dan mengelupas.



Alasan Membeli dan Mengganti Alat Masak
Mengapa peralatan memasak harus diganti?
Beberapa peralatan memasak di rumah ada yang menggunakan bahan anti lengket. Apakah manteman juga ada yang menggunakannya? Coba perhatikan bagian permukaannya, apakah masih mulus atau ada bagian yang tergores? Atau bahkan ada mulai ada lapisan yang mengelupas?
Jika sudah ada yang tergores atau bahkan mengelupas, sebaiknya segera diganti. Pasalnya, lapisan antilengket ini bisa berbahaya jika tercampur makanan dan termakan.
Sebagus apapun lapisan antilengketnya, jika sudah tegores dan mengelupas, harus segera diganti ya manteman.

Peralatan memasak juga dapat diganti jika sudah tidak sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, saat masih baru berkeluarga memakai alat masak dengan ukuran kecil untuk makanan sekitar 1-2 orang. Sementara jika sudah memiliki anak-anak, maka tentu tidak cukup lagi memakai alat masak yang kecil. Lebih mudah menggunakan alat masak dengan ukuran yang lebih besar untuk makanan sejumlah 3-4 orang.

Ketentuan Membeli Alat Masak
Oleh karena itu, ketika beberapa bulan belakangan ini saya mengganti beberapa peralatan memasak ada beberapa pertimbangan yang saya terapkan, seperti berikut:

1. Sesuaikan dengan dana. Belilah alat masak yang aman bagi kesehatan fisik dan mentalmu.
2. Pastikan tersedianya ruang penyimpanan. Ada baiknya jika membeli yang baru, perhatikan ruang penyimpanan yang tersedia. Bahkan jika perlu keluarkan peralatan memasak yang lama. Bisa menerapkan 1 in 1 out atau 1 in 2 out.
3. Sesuaikan dengan jumlah dan jenis makananan yang dibuat. Hal ini menyesuaikan dengan jumlah makanan yang akan dibuat sesuai jumlah orangnya. Selain itu, jenis makanan sesuai selera penghuni rumah juga memengaruhi bentuk alat yang digunakan.
4. Pahami perawatannya. Peralatan memasak terdiri dari berbagai macam material. Tentunya perawatan dari bahan cast iron, kaca, stainless steel, antilengket hingga keramik tidaklah sama. Maka dari itu, pahami dulu jenis materialnya sebelum membawa alat masak tersebut ke rumah.

Nasib Alat Masak yang Lama
Jika alat masak baru sudah ditangan, harus dipertimbangkan juga mau dikemanakan peralatan masak yang lama?
Jika sudah rusak, jangan langsung dibuang, bisa dimanfaat dengan memakai ulang, misalnya dihias dijadikan pajangan atau dijadikan pot. Banyak sekali tips kreatif untuk mengalihfungsikan kembali alat masak yang sudah rusak ini. Cusss.. di-google...
Dengan begini diharapkan tidak akan menambah beban bumi dengan membuang sampah peralatan memasak yang sudah rusak.

Jika alat masak yang lama masih bagus dan layak pakai, tapi mau "dilepaskan", maka bisa dipertimbangkan untuk didonasikan atau diberikan pada yang membutuhkan. Seperti diberikan pada keluarga seperti adik/kakak atau tetangga seperti tukang sampah, dan lainnya.

Membeli dan mengganti peralatan memasak ini termasuk yang penting dalam dunia perdapuran. Menurut saya, harus dipertimbangkan dengan baik. Dengan membeli dan mengganti alat masak tersebut, berarti berkomitmen untuk menggunakannya dengan baik. Tidak ada lagi alat masak yang hanya menjadi pajangan di dapur semata. Tidak ada lagi alat masak yang dibeli hanya karena lucu dan cantik. Tetapi, harus mempertimbangkan manfaat dan pemakaiannya.

Hal tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab baik di dunia dan di akhirat sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam,


«ู„ุงَ ุชَุฒُูˆู„ُ ู‚َุฏَู…َุง ุนَุจْุฏٍ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْู‚ِูŠَุงู…َุฉِ ุญَุชَّู‰ ูŠُุณْุฃَู„َ ุนَู†ْ ุนُู…ْุฑِู‡ِ ูِูŠู…َุง ุฃَูْู†َุงู‡ُ ูˆَุนَู†ْ ุนِู„ْู…ِู‡ِ ูِูŠู…َุง ูَุนَู„َ ูˆَุนَู†ْ ู…َุงู„ِู‡ِ ู…ِู†ْ ุฃَูŠْู†َ ุงูƒْุชَุณَุจَู‡ُ ูˆَูِูŠู…َุง ุฃَู†ْูَู‚َู‡ُ ูˆَุนَู†ْ ุฌِุณْู…ِู‡ِ ูِูŠู…َุง ุฃَุจْู„ุงَู‡ُ»

Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya” (H. R. At Tirmidzi)

Demikian berbagai macam pertimbangan saya ketika hendak membeli peralatan memasak. Semoga tulisan ini bermanfaat ya manteman. ❤️


24 komentar:

  1. Oh yaa.. Aku baru tau kak, tentang anti gores ini, hmm baiknya segera ku ganti yang keramik kl gitu, boros bgt Kan kl tiap ada goresan hrs ganti walau dikit๐Ÿ™ˆ mksh tulisannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sippo semsem.. bisa juga pakai stainless steel.. lebih awet hehe...

      Hapus
  2. Makasih ilmunya mbaa..
    Next kalau beli alat masak liat bahan2 nya deh yg awet dan gk ribet perawatan๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. sippo semsem mba ❤️ .... dan yang pas di kantong juga ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  3. Jazakillah sharingya mba. Mahal tapi awet, itu prinsip saya dalam hal apapun, bukan cuma beli alat masak hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waiyyaki mba.. bisa juga yang harga terjangkau tapi awet, seperti alat masak dari gerabah hehehe...

      Hapus
  4. Waah dpt ilmu baru lagiii
    Makasiii dah sharing mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. sippo semsem ❤️ terima kasih sudah mampir..

      Hapus
  5. Pengen deh punya alamt masak yang baha keramik gitu. Sekarang masih jadi wislish semoga kebeli. ๐Ÿ˜„

    BalasHapus
  6. Betul bgt hrus cek dlu bahan dan keamanannya, krna byk model unyu2 tpi ga baik buat kesehatan, kudu nabung dlu buat beli ironcast ni mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangaat mbaa... bisa juga pakai dari bahan gerabah yang harganya lebih terjangkau ❤️

      Hapus
  7. Ilmu baru bagi saya...Terimakasih atas sharingnya mbaa :)

    BalasHapus
  8. Nah, kalo inget semua akan dihisab. Ga akan belibeli sesukahati wkwkwk

    Jazakillah tipsnya Mbaa

    BalasHapus
  9. Mba.. Ada rekomendasi alat masak ga?? Kebetulan saya juga lagi nyari ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah mba, untuk alat masak bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran, bisa dari bahan gerabah, kaca, stainless steel, antilengket, cast iron, dll ❤️

      Hapus
  10. Nice sharing. . Saya juga sedang beralih ke alat2 masak yg lebih sehat dan tanpa khawatir. Bisa hemat juga. Beli sesuai kebutuhan saja. Jangan kalap ๐Ÿ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. terima kasih sudah mampir ustadzah ❤️

      Hapus
  11. Cara cerdas urusan dapur, masyaaAllah. jazaakillahu khairan sharingnya :)

    BalasHapus
  12. Thanks for sharing mbaa, semoga bisa diterapkan saat nanti udah berkeluarga dan mulai harus beli alat2 masak. Bener ya mba, selain sehat bagi fisik harus sehat di kantong juga hehe

    BalasHapus