Selasa, 21 Januari 2020

HSI - S5 - Beriman Kepada Hari Akhir Bagian 1 (Halaqah 12) - Tanda-tanda Hari Kiamat Yang Sudah Terjadi Dan Sedang Terjadi

Selasa, 21 Januari 2020
Halaqah Silsilah Ilmiah (HSI)
Silsilah 
Beriman Kepada Hari Akhir Bagian 1 (Halaqah 12)




Tanda-tanda Hari Kiamat Yang Sudah Terjadi Dan Sedang Terjadi

Disampaikan oleh Ust. Dr. Abdullah Roy, M. A. Hafidzahulloh.


Halaqah yang ke-12 dari Silsilah Ilmiyyah Beriman Kepada Hari Akhir adalah tentang Tanda-tanda Hari Kiamat Yang Sudah Terjadi Dan Sedang Terjadi
Di antaranya :

1. Keluarnya nabi-nabi palsu setelah Nabi Muhammad


Rasulullah bersabda :
"Tidak akan datang hari kiamat sampai datang para pendusta mendekati tiga puluh orang. Semuanya mengaku sebagai utusan Allah" (H.R. Bukhari dan Muslim)
Sebagian ulama mengatakan yang dimaksud dengan nabi-nabi palsu di dalam hadits ini adalah orang-orang yang mengaku menjadi nabi setelah Rasulullah dan mereka memiliki banyak pengikut. Seperti Musailamah Al-Kadzdzab, Al-Aswad Al-Amsi, Muhtar Ats-Tsaqafi dan lain-lain. Adapun orang yang mengaku sebagai nabi dan diikuti oleh segelintir manusia, maka ini banyak dan lebih dari tiga puluh orang.


2. Berlombanya orang-orang yang dahulunya miskin dalam membangun bangunan.

Rasulullh ketika ditanya oleh Malaikat Jibril tentang sebagian tanda-tanda hari kiamat maka beliau mengatakan:
"Engkau akan melihat orang yang dahulunya tidak beralas kaki, tidak berpakaian, orang miskin, penggembala kambing, mereka saling berlomba-lomba dalam meninggikan bangunan" (H.R. Muslim)


3. Disandarkannya pekerjaan kepada orang yang tidak berhak.

Rasulullah bersabda yang artinya :
Apabila amanat sudah disia-siakan, maka tunggulah hari kiamat, Beliau ditanya : Yaa Rasulullah, Bagaimana menyia-nyiakan amanat? Maka beliau mengatakan "Apabila sebuah perkara sudah disandarkan kepada orang yang tidak berhak, maka tunggulah hari kiamat." (H.R. Bukhari)
Dan betapa banyak di zaman kita, amanat diberikan kepada orang yang tidak berhak.


4. Salam hanya untuk orang yang dikenal.

Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits yang shahih yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad :

إن من أشراط الساعة أذا كانت تحية على للمعرفة

"Sesungguhnya di antara tanda-tanda hari kiamat, apabila salam itu hanya diberikan kepada orang yang dikenal" (H.R. Imam Ahmad)
Petunjuk Nabi adalah memberikan salam kepada orang yang dikenal maupun orang yang tidak dikenal.


Benar apa yang dikabarkan oleh Rasulullah dan apa yang beliau sampaikan semuanya adalah wahyu dari Allah Hal ini hendaknya menambah keimanan bagi seorang muslim dan hendaknya dia waspada dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya menghadapi hari kiamat yang sudah semakin dekat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar