Jumat, 06 September 2019

HSI - Belajar Tauhid (Halaqah 5) - Taubat Dari Kesyirikan

Jum'at. 6 September 2019

Halaqah Silsilah Ilmiah (HSI)

Belajar Tauhid (Halaqah 5)
Taubat Dari Kesyirikan
Disampaikan oleh Ust. Dr. Abdullah Roy, M. A. Hafidzahulloh.
Belajar Tauhid  adalah tentang taubat dari kesyirikan. Orang yang berbuat syirik dan meninggal  dunia tanpa bertaubat kepada Allah, maka dosa syiriknya tidak akan diampuni. Namun, apabila ia bertaubat sebelum meninggal maka, Allah akan mengampuni dosanya sebagaimanapun besar dosa tersebut.
Taubat nashuha adalah taubat yang terpenuhi didalamnya 3 syarat berikut :
  1. Menyesal
  2. Meninggalkan perbuatan tersebut
  3. Bertekad kuat untuk tidak mengulangi lagi
Allah Subhanahu Wata’alaa berfirman :
قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ
“Katakanlah wahai hamba-hambaKu yang telah melampaui batas terhadap dirinya sendiri dengan berbuat dosa, janganlah berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa semuanya. Sesungguhnya Dia Maha Pengampun, lagi Maha Penyayang.”
(Q.S. Az-Zumar : 53)
RasululLaah shallalLaahu ‘alaihi wasallam bersabda :
إِنَّ الله يَقْبَلُ تَوْبَةَ الْعَبْدِ مَا لَمْ يُغَرْغِرْ
“Sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba selama ruh belum sampai ketenggorokan.”
(H.R. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah, dari Abdullah Ibnu Umar RadhiyalLaahu ‘anhumaa dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani RahimahulLaah)
Para sahabat Nabi shallalLaahu ‘alaihi wasallam tidak semuanya lahir dalam keadaan Islam, bahkan banyak diantara mereka yang masuk Islam ketika sudah besar dan sebelumnya bergelimang dengan kesyirikan. Supaya tidak terjerumus kembali kedalam kesyirikan, maka seseorang harus mempelajari tauhid dan memahaminya dengan baik serta mengetahui jenis-jenis kesyirikan sehingga bisa menjauhinya.
Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar