Kamis, 25 Juni 2020

Menyelami Rasa Mengenali Kembali Diri Sendiri Untuk Terus Bergerak

Assalamu'alaikum



















Alhamdulillah lanjutan kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) yang saya ikuti berjalan dengan aman dan lancar. Misi demi misi dijalani dengan pedoman dan acuan yang digunakan untuk kami penjelajah dalam mengarungi samudera. Harapannya semoga para penjelajah dapat sampai tujuan dengan selamat, sehat sentosa, dan tidak tersesat.

Semakin dalam menyelami matrikulasi semakin disadari, kalau Ibu dituntut untuk memiliki ilmu yang mumpuni dalam mendidik anak-anaknya. Secara tidak langsung, ibu juga dituntut untuk profesional menjalankan perannya dalam mendampingi suami dan anak-anaknya. Tentunya, hal tersebut adalah impian setiap ibu. Namun, ternyata jalannya tidak semudah yang dibayangkan, terutama di zaman sekarang yang semakin banyak ujiannya. Ada berbagai ikhtiar yang dapat dilakukan ibu untuk semakin profesional dan menjadi kebanggan keluarga. Salah satunya, yaitu dengan selalu meningkatkan kemampuannya. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk sang Ibu, tapi juga untuk keluarga dan bahkan lingkungannya. Bersama Ayah sang nahkoda kapal, Ibu harus mampu merencanakan pendidikan anak-anaknya. 


Semangat menjadi Ibu profesional kebanggaan keluarga semakin menggebu-gebi nan deg-degan. Hal ini bisa dimulai dari diri sendiri, dari hal terkecil sekalipun. Meski harus dituntut profesional, InsyaAllah lelah akan jadi lillah jika mengingat betapa mulianya seorang Ibu.
Semangat!


Tahap selanjutnya, yaitu menyelami Core Value dimana bersama para Widyaiswara, para penjelajah berusaha untuk menyelami makna core values tersebut. Dari beberapa ilmu yang dipelajari selama hidup, baik secara langsung di kelas atau pun dalam jaringan (daring), Alhamdulillah semakin banyak kemampuan diri yang berkembang. Sejalan dengan makna core value dari para widyaiswara, kini Aku tahu ilmu yang perlu dipelajari, ilmu yang perlu ditingkatkan, ilmu yang perlu dilatih, dan ilmu yang dibagikan.

Langkah selanjutnya, pada penyelaman ketiga kali ini di kelas Matrikulasi batch 8, Institut Ibu Profesional meminta pada penjelajah samudera untuk menemukan karakter moral dari ibu profesional yang ada pada dirinya masing-masing. Dimulai dari mengetahui tantangannya selama berproses dan menjalani kehidupan hingga adanya kecocokan karakter moral profesional yang menjadi kekuatanku. Tentunya hal itu sangat bermanfaat untuk mengatasi tantangan tersebut. 


 "Never Stopped Running, The Mission Alive"

Sementara pada misi penyelaman terakhir, para penyelam diingatkan lagi untuk mengenali dirinya, nilai-nilai baik yang ada pada dirinya. Apa yang membuatmu unik? Apa yang kamu perjuangkan? Apa kesamaanmu dengan IIP?

Tentunya pertanyaan-pertanyaan itu menggelitik hati para penyelam yang sedang berjibaku di samudera. Namun, semua itu membawa dampak positif bagi para penyelam untuk selalu lagi dan lagi mengenali dirinya sendiri sehingga dapat meng-upgrade kemampuan dirinya.


Bismillah.. penyelaman yang sesungguhnya akan segera dimulai 🤩


Annisa Lestari
3119209125

Tidak ada komentar:

Posting Komentar